PELATIHAN PENINGKATAN KINERJA PENJAMINAN MUTU INTERNAL BAGI PENGELOLA PKMB SUKSES DILAKSANAKAN

Selasa, 24 Oktober 2023. Tim Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dosen departemen pendidikan luar sekolah UNY sukses melaksanakan pelatihan peningkatan kinerja penjaminan mutu internal bagi pengelola PKBM di ruang Abdullah Sigit Hall FIPP UNY. Agenda ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada pengelola PKMB agar dapat meningkatkan mutu PKBM lebih baik lagi.

Peserta pada agenda pada hari ini diikuti oleh 30 pengelola PKBM yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Temanggung. Proses perekrutan peserta dilakukan dengan pendaftaran di hari sebelum dilaksanakannya pelatihan.

Acara dimulai dengan pembukaan yang dibuka oleh Bapak Prof. Entoh Tohani, M.Pd. selaku ketua tim PkM. Beliau menyampaikan bahwa penjaminan mutu internal penting dilakukan untuk meningkatkan kinerja baik dalam aspek pembelajaran maupun pengelolaan pendidikan agar tetap survive.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang pengelolaan penjaminan mutu internal PKBM oleh Bu Tristanti, M.Pd. Beliau mepaparkan bahwa mutu lembaga pendidikan nonformal akan memiliki kualitas yang baik ketika produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Acara dilanjutkan dengan materi oleh Dr. Siti Umi Khayatun Mardiyah, M.Pd yang memaparkan materi tentang pengembangan standar mutu internal PKBM beserta praktek penjaminan mutu dari 8 standar. kemudian materi oleh Bapak Drs. Khoiruddin terkait best practice pengelolaan mutu internal dan materi tentang TIK untuk PMI oleh Bapak Irawan Agung Nugroho, S.T., M.Pd.

Sebelum acara berakhir, tim penelitian PkM mengadakan evaluasi pelatihan yang bertujuan untuk melihat apakah pelatihan yang dilaksanakan sesuai dengan tujuan atau belum. 

Acara ditutup dengan foto bersama (Asa).