KULIAH TAMU BERSAMA PENGGERAK DESA VOKASI DI GEMAWANG, JAWA TENGAH

Senin, (20/03/2023) telah dilaksanakan Kuliah Tamu bersama Bapak Amin Arroni selaku pelaku Penggerak Desa Vokasi di Gemawang, Jawa Tengah.

Kuliah tamu dihadiri oleh mahasiswa Magister Pendidikan Luar Sekolah yang mengambil mata kuliah Inovasi Program Pendidikan Non Formal. Kuliah ini dilaksanakan melalui platform Zoom Meeting.

Bapak Amin Arroni menceritakan bagaimana awal mula perjuangannya dalam membangung Desa Vokasi, beliau meceritakan bahwa pada awalnya desa Gemawang merupakan desa biasa yang tidak dikenal oleh khalayak ramai. Kemudian, Pak Amin melihat permasalahan desa dan potensi desa (lokal wisdom) yang bisa dikembangkan.

Bapak Amin juga menyampaikan kepada mahasiswa, Jika ingin memiliki program desa yang bagus harus dapat melihat buka mata, buka hati dan buka dompet.

Buka Mata artinya program desa bisa dilihat dan di amati oleh masyarakat sekitar. Buka hati yaitu jika masyarakat sudah dapat mengamati dan melihat program desa, maka jika itu sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan sampai ke hati dan masyarakat akan tertarik, dan yang terakhir buka dompet adalah kalau masyarakat sudah tertarik, mereka akan membuka dompetnya sendiri.

Pada kesempatan kali ini, mahasiswa sangat antusias menyimak penyampaian dari Pak Amin. Mahasiswa juga sangat aktif untuk bertanya dan berdiskusi tentang keadaan desa masing-masing untuk diberikan solusi oleh Pak Amin yang sudah berpengalaman dalam pengembangan desa.

Diakhir perkuliahan, beliau menyampaikan pesan bahwa “Orang yang tidak pernah merasakan getirnya perjuangan tidak akan pernah merasakan getarnya kemenangan. Jika sudah pernah merasakan getirnya hambatan,tantangan, masalah dalam proses pemberdayaan masyarakat maka getarnya kemenangan akan dirasakan”

selanjutnya ditutup dengan foto bersama. (shr)