Implementasi E-DUSMART TBM Rumah Asa

Mahasiswa pascasarjana program studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Yogyakarta melakukan kegiatan Implementasi E-DUSMART TBM Rumah Asa sebagai sebuah praktik lapangan melalui mata kuliah "Praktik Inovasi Program Pembelajaran", yang diampuh oleh dosen pengajar, Dr. Hiryanto, S.Pd., M.Pd. Praktik ini dilakukan secara individu oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut yaitu Rita Nur Wahyuni.

Kegiatan ini merupakan sebuah upaya untuk memberikan pedoman bagi pengelola, masyarakat atau peserta pembelajaran di TBM Rumah Asa. Kegiatan ini dilakukan sebanyak empat kali pertemuan pada tanggal 5 September 2023, 14 November 2023, 7 Desember 2023 dan 10 Desember 2023. Pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah pengelola TBM, peserta TBM, mahasiswa dan juga Dosen. Kegiatan ini menghasilkan suatu bentuk produk buku panduan yang bertujuan untuk memberikan arahan terstruktur bagi peserta kegiatan.

Buku panduan dikonsultasikan kepada pakar untuk memberikan masukan, perbaikan, serta saran dalam penyempurnaan substansinya. E-DUSMART mengusung konsep "Panduan Pintar" yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. E-DUSMART TBM Rumah Asa dibuat dalam bentuk buku panduan dan aplikasi yang bisa diakses melalui perangkat laptop dan smartphone. Dengan bantuan teknologi, peserta TBM dapat mengakses panduan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka serta membantu mereka memahami materi dengan lebih praktis. Hal ini mendorong pemahaman yang lebih dalam dan berorientasi ke masa depan.

Adapun cakupan panduan pembelajaran yang disediakan dari E-DUSMART TBM Rumah Asa adalah sebagai berikut: 1. Legalitasi Produk; 2. Cara Menyusun Struktur Harga; 3. Promosi Sosial Media; dan 4. Komunitas Wirausaha E-DUSMART adalah konsep yang dirancang untuk mengintegrasikan teknologi dan pendidikan di TBM Rumah Asa.

Dengan pemanfaatan teknologi ini, TBM Rumah Asa iv memiliki potensi untuk memberikan pendidikan yang mendukung perannya dalam peningkatan ekonomi masyarakat yang membutuhkan.