IMPLEMENTASI BUKU PANDUAN E-DUSMART TBM RUMAH ASA

Kegiatan praktik mata kuliah program pascasarjana UNY studi Pendidikan Non Formal berkesempatan melaksanakan praktik inovasi di TBM Rumah Asa yang berlokasi di Kampung Karangkajen, Kota Yogyakarta. Praktik inovasi ini di laksanakan oleh Rita Nur Wahyuni dengan NIM. 22104251010 yang merupakan mahasiswi semester 3 bersama dosen pembimbng Drs. Hiryanto, M.Pd. Inovasi ini berupa implementasi buku panduan E-DuSmart TBM Rumah Asa. Praktik dilaksanakan melalui analisis SWOT hingga menghasilkan luaran Buku panduan yang dimulai pada tanggal 5 Sepetember - 10 Desember 2023 di TBM Rumah Asa, Yogyakarta.

E-DUSMART mengadopsi konsep "Panduan Pintar" yang disesuaikan dengan kebutuhan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Asa. Implementasi E-DUSMART TBM Rumah Asa adalah pengenalan buku panduan (Manual Book). Materi yang dimuat dalam buku panduan ini berfokus pada Kelompok Industri Rumah Tangga (IRT) Binaan TBM Rumah Asa. Panduan pembelajaran E-DUSMART TBM Rumah Asa mencakup aspek-aspek berikut:

  1. Legalitas Produk;
  2. Cara Menyusun Struktur Harga;
  3. Promosi melalui Media Sosial; dan
  4. Komunitas Wirausaha.

E-DUSMART adalah konsep yang menggabungkan teknologi dan pendidikan di TBM Rumah Asa. Dengan pemanfaatan teknologi ini, TBM Rumah Asa memiliki potensi untuk memberikan pendidikan yang mendukung perannya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat yang membutuhkan.