Workshop Peningkatan Pengawasan Mahasiswa Doktoral

PPs UNY menghadirkan Dr. Vijay Kumar Mallan dari Otago University, New Zealand. Vijay mengembangkan minat dalam pendidikan doktoral. Dalam pengajaran dan penelitian Vijay, dirinya memfokuskan pada peningkatan pengalaman doktoral baik untuk pengawas dan siswa. Selama dekade terakhir, Vijay telah mengembangkan, menyebarluaskan dan mempublikasikan tentang dukungan doktoral, pemeriksaan dan praktik umpan balik. Pada kesempatan ini Vijay memaparkan Workshop Praktik Peningkatan Pengawasan Doktoral untuk Kaprodi dan Mahasiswa Doktoral.

“Filosofi penelitian saya adalah menghasilkan beasiswa yang memiliki implikasi praktis. Di Otago, saya bertanggung jawab untuk program pengembangan akademik untuk pengawas dan mahasiswa PhD. Di luar Otago, saya diundang untuk memberikan keahlian dan mengajar program pengawasan doktoral di Australia, Estonia, Finlandia, India, Jepang, Malaysia, Norwegia, dan Swedia.” Ungkap Vijay di sela-sela pemaparannya pada workshop yang diselenggarakan selama 3 hari ini.

Vijay menambahkan bahwa ketika berpresentasi janganlah egois. “Ingatlah, ketika presenter menggunakan Power Point, jangan gunakan lebih dari 27 kalimat, atau kau akan melihat audience mu mengantuk. Dan juga ada hal yang lebih baik dihindari, yaitu jangan membaca slidemu sendiri.” Tambahnya lagi. Pada sesi workshop dengan mahasiswa, Vijay juga mengadakan teleconference dengan mahasiswa dan lulusannya di Universitas Otago. Pada sesi ini para mahasiswa diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman mengenai kendala-kendala dalam menyelesaikan Disertasi.