KULIAH UMUM PENGEMBANGAN KONSENTRASI PENDIDIKAN KELUARGA

Rabu, 15 November 2017 Program Studi Pendidikan Luar Sekolah  (PLS) UNY mengadakan kuliah umum dengan tema “Pengembangan Konsentrasi Pendidikan Keluarga”. Kegiatan kuliah umum ini dilaksanakan di Aula Lantai 3 Gedung I.01 Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Assoc . Prof. Dr. Mariani Binti Md Nor adalah dosen tamu dari University of Malaya. Dengan basis pengetahuan dan pemahaman mengenai psikologi, beliau mulai menyelami dunia pendidikan anak dan keluarga. Beliau menjadi pengarah pusat pendidikan awal kanak kanak, Fakultas Pendidikan Universitas Malaya.

Kuliah umum ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa dan dosen dari PLS Pascasarjana UNY namun juga mahasiswa S1 PLS UNY. Kurang lebih 100 mahasiswa prodi PLS memenuhi Aula untuk mengikuti kuliah umum. Acara ini dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan sambutan dari Prof. Dr. Yoyon Suryono, M.S. selaku Kaprodi PLS Pascasarjana UNY sebagai kegiatan pembuka. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Assoc. Prof. Dr. Mariani Binti Md. Nor sesuai dengan tema. Pelaksanaan kuliah umum ini untuk memberikan pemahaman mengenai pendidikan keluarga dan memberikan penguatan kepada para mahasiswa Pascasarjana Prodi PLS mengenai pengembangan pendidikan keluarga. Karena sesuai dengan target capaian dari prodi PLS Pascasarjana yaitu menjadi pengembang program Pendidikan Luar Sekolah.

Dengan gaya bahasa yang komunikatif, beliau menyampaiakan materi yang didasarkan oleh teori pendidikan keluarga dan dikaitkan dengan isu kontemporer dalam pendidikan keluarga. Beliau menyampaikan urgensi dari adanya pelibatan keluarga dalam pendidikan anak. Keluarga sebagai sosok utama pendidik untuk anak harus benar-benar memahami peranannya. Karena tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan disekitar dan sesuai dengan teori ekologi dari bronfreneur bahwa keluarga memberikan dampak secara langsung bagi sikap, keputusan belajar dan emosi anak. Sehingga berawal dari pondasi keluarga yang kuat, nantinya akan melahirkan anak-anak  dengan kesuksesannya masing-masing.

Antusias dari mahasiswa pun terlihat ketika terjadi saling sharing setelah penyampaian materi selesai.  Pemberian kenang-kenangan yang diberikan kepada Assoc. Prof. Dr. Mariani Binti Md. Nor oleh Dr. Pujiyanti Fauziah,M.Pd. menjadi penutup secara formal dari kuliah umum. Kemudian kami melakukan sesi foto bersama dengan Assoc. Prof. Dr. Mariani Binti Md. Nor. Kuliah umum ini memberikan banyak pemahaman untuk mahasiswa mengenai pendidikan keluarga. Pendidikan keluarga merupakan pendidikan informal. Pendidikan keluarga menjadi salah satu ranah yang juga harus dipahami oleh mahasiswa. Karena kebermanfaatan dari pendidikan keluarga yang sangat besar pengaruhnya terhadap kualitas sumber daya manusia. Dengan bekal pemahaman dari kuliah umum ini harapannya mahasiswa dapat lebih giat untuk mengeksplore isu dan program yang berkaitan dengan pendidikan keluarga. (Erma K)